-->

Tips Menghadapi Tes Listening Toefl Part A

Tips Menghadapi Tes Listening TOEFL Part A

Yesterday, we learned general tips for the three sections of Listening Comprehension. At the moment, we will learn tips for Part A.


Untuk setiap 30 soal pada sesi Listening part A tes TOEFL, kau akan mendengar sebuah percakapan pendek antara dua orang pembicara (speaker) diikuti dengan satu soal. Setelah mendengar percakapan (conversation) beserta soal, kau harus   menentukan balasan yang sempurna yang ada di buku tes kamu. Conversation beserta soal tidak tertulis di buku tes, hanya pilihan balasan yang dicantumkan di buku tes.

Example:
Dalam recording, kau mendengar:

(man)             I've always wanted to visit Hawaii with you.
(Woman)       Why not next month?
(narrator)       What does the woman mean?

Di buku tes kamu, kau melihat:
(A) Next month isn't good time for the trip.
(B) She doesn't want to go to Hawaii.
(C) She's curious about why he doesn't want to go

Jawaban (C) yaitu balasan yang paling tepat. Kalimat Why not next month? merupakan bentuk kalimat suggestion (saran) untuk melaksanakan trip mengunjungi Hawaii bulan depan. Kata 'Why not' merupakan salah satu bentuk expressions of suggestions. 

Beberapa taktik menghadapi Listening Part A:
  1. Ketika kau mendengar setiap conversation, fokuslah ke baris ke dua dari percakapan yang kau dengarkan. Jawaban dari pertanyaan umumnya ditemukan di baris yang ke dua.
  2. Teruslah ingat bahwa balasan yang benar kemungkinan restatement (pernyataan ulang) dari kata kunci atau wangsit yang terdapat di baris kedua pada percakapan.
  3. Teruslah ingat bahwa expression (ungkapan) dan structure tertentu diujikan secara reguler dalam tes Listening Part A.
  4. Teruslah ingat bahwa bentuk pertanyaan umumnya dari gampang ke sulit. Hal ini berarti pertanyaan no 1-5 akan menjadi petanyaan termudah, dan pertanyaan 26-30 akan menjadi tersulit.
  5. Bacalah pilihan balasan dan pilih balasan yang paling tepat. Jangan pernah kosongkan balasan walau kamu tak yakin akan pilihan kau sebab tidak ada pengurangan nilai walau salah.
  6. Bahkan bila kau tidak mengerti maksud dari percakapan secara utuh, kau sanggup mendapat balasan yang tepat.
    - Jika kau hanya mendengar atau menangkap baris ke dua dari conversation, pilihlah balasan yang berisi sebuah pernyataan ulang (restatement) dari kata atau wangsit baris ke dua tersebut. Bukan yang bunyinya atau penyebutan katanya mirip.
    - Jika kau tidak mengerti sama sekali, pilihlah balasan yang kedengarannya atau penyebutan katanya paling berbeda dari yang kau dengar.
    - Jangan pernah menentukan balasan yang sebab kedengaran bunyinya sama dengan yang kau dengar dari percakapan.
    (Original source: Longman TOEFL)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel