-->

Contoh Hasil Idetifikasi Masalah

Hasil Idetifikasi Masalah


Masalah Pembelajaran yang Muncul di Kelas
Masalah Pembelajaran yang akan diperbaiki
Analisis Masalah
Rumusan Masalah
1.      Siswa masih sering ragu dan aib untuk berbicara mengugunakan bahasa inggris.
2.      Siswa kurang motivasi untuk berguru bahasa inggris.
3.      Siswa masih sulit menulis dalam bahasa inggris dengan baik dikarenakan kurangnya kosakata mereka.
4.      Metode sang guru yang memakai bahasa inggris lebih sebagai bahasa pembelajaran tidak berjalan dengan baik dikarenakan siswa masih lebih sering memakai bahasa inggris.
5.      Mahasiswa masih sering kesulitan membedakan teks report dan teks descriptive.
6.      Kosakata siswa masih sangat kurang untuk membantu mereka memahami teks bacaan.
7.      Sulitnya bagi mereka menulis teks berbahasa inggris dikarenakan kurangnya wangsit dan penguasaan kosakata.
8.      Mereka sering aib (takut salah) memakai bahasa inggris (speaking) alasannya yaitu kurangnya kosakata
9.      Mereka menganggap bahasa inggris itu sulit diakenakan harus mempelajari struktur bahasa inggris (grammar) yang memiliki struktur beda dengan bahasa Indonesia..
10.  Mereka malas membaca (reading) dikarenakan kurangnya kosakata mereka untuk memahami bacaan tersebut.
11.  Reading dianggap membosankan.
12.  Siswa masih kekurangan pengausaan kosa kata yang seharusnya telah didapatkan saat masih di sekolah dasar.
13.  Siswa takut berbahasa inggris (speaking).
14.  Siswa masih memiliki banyak kesalahan dalam strukur bahasa inggris (grammar).
15.  Siswa sering kesulitan dalam menulis (writing) dikarenakan kurangnya penguasaan kosa kata.





16.  Siswa masih kekurangan pengausaan kosa kata yang seharusnya telah didapatkan saat masih di sekolah dasar.

Penyebab masalah:
1.      kurangnya minat atau motivasi siswa.
2.      Guru di tingkat Sekolah Menengah Pertama tidak begitu focus dalam mengajarkan kosa kata.
3.      Guru hanya fokus ke 4 skill (speaking, reading, listening, writing).
4.      Kurangnya waktu bagi guru untuk menawarkan kelas pengajaran vocabulary.
Alternatif pemecahan:
1.      Penggunaan metode TPR (Total Physical Response)  pada menit-menit awal (10-15 menit) dalam menyajikan kosa kata yang terkait dengan tema pembelajaran.
2.      Menyediakan teks reading pendek setiap pertemuan untuk dibaca dan dpahami siswa 10-15 menit pada awal pembelajaraan.
3.      Penyajian kosakata  dalam bentuk list  (daftar) terkait dengan pembelajaran skill setiap pertemuan..
4.      Matching game pada menit awa setiap pertemuan.
Judul:
Penerapan metode TPR (Total Phisical Response) pada penguasaan kosa kata yang terkait dengan tema pembelajaran  pada setiap awal pertemuan (kelas) untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata terkait bahan pembelajaran yang disajikan.
Rumusan Masalah:
Apakah penerapan  TPR pada setiap menit-menit awal (10-15 menit) sanggup meningkatkan kemeampuan kosakata siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Makassar terkait tema pembelajran setiap pertemuan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel