-->

Pentingnya Menggerakkan Tubuh Dalam Berguru Bahasa Inggris


Langkah pertama dalam menguasai English speaking ialah menguasai tubuh dan emosi kamu. Mungkin statement ini agak aneh. Kenapa harus memakai tubuh dalam berguru bahasa Inggris?

Alasannya sederhana, dengan memakai tubuh dan emosi, kau sanggup mempelajari bahasa Inggris 4-5 kali lebih cepat. Seorang hebat pengajaran bahasa berjulukan Dr. James Asher pernah meneliti tugas tubuh dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dia menemukan sesuatu yang cukup membuatnya terkagum -para pelajar -yang menggerakkan tubuh mereka dalam kelas- berguru 4-5 kali lebih cepat dibanding siswa yang duduk membisu selama pembelajaran berlangsung.

Dr. Asher membuatkan sebuah kegiatan pengajaran yang secara keseluruhan memakai gerakan yang dikenal "Total Physical Response." Dalam kegiatan ini, para siswa selelu menggerakkan tubuh mereka dalam berguru bahasa Inggris. Spesifiknya bahwa para siswa menciptakan gerakan atau perpindahan yang berafiliasi dengan bahasa yang mereka dengar.

Sebagai contoh, dikala guru menyampaikan "walk" maka siswa menggerakkan kaki mereka dan berjalan. Jika guru menyampaikan "hungry" siswa menggosok-gosok perut mereka. Untuk tingkatan pelajar yang masih pemula, siswa selalu bergerak hampir untuk setiap kalimat yang didengar. Nantinya, dikala para siswa telah mencapai level intermediate dan advanced, para siswa hanya fokus ke kalimat yang gres atau yang sulit.

Dengan mengkombinasikan gerak fisik (physical movement), kau menunjukkan tekanan bahan bahasa Inggris jauh ke dalam otak kamu. Kamu mengingat vocabulary lebih cepat dan tidak akan pernah melupakannya. Kamu mengingat hukum grammar yang benar -bahkan walaupun kau tidak pernah berguru grammar. Gerak tubuh merupakan kunci untuk pembelajaran yang cepat dan memory yang panjang.

Jadi, dikala kau mendengar pelajaran-pelajaran bahasa Inggris, identifikasilah kalimat-kalimat yang susah. Ciptakanlah sebuah gerak tubuh yang sanggup mengingatkan kau akan maknanya. Then, setiap kali kau mendengar kalimat tersebut, bergeraklah dengan gerakan tadi yang kau buat. Ketika kau melaksanakan gerakan, bergeraklah dengan penuh semangat. Gunakan semua tubuh kau dan gunakan energi yang banyak.

Posisi tubuh  juga merupakan hal yang penting dalam penggunaan tubuh dan penguasaan emosi. Telah dikatakan dan dianggap sebgai sebuah fakta bahwa kau sanggup berguru lebih cepat dan mengingat dengan lebih baik dikala kau memiliki posisi tubuh yang baik -meluruskan kepala (pandangan) kamu, agak membusungkan dada, pundak agak kebelakang, dan badanmu besar lengan berkuasa dan seimbang. ,

Sebaliknya, dikala kau agak menunduk ke bawah dan membiarkan pundak jatuh, energi kau juga akan berkurang dan kau akan berguru lebih lambat. Olehnya, tetaplah untuk agak membusungkan dada, pundak agak ke belakang, dan kepala kau lurus ke depan dikala kau berguru bahasa Inggris. Hal ini sederhana tapi sangat penting.

Akhir kata, ada satu diam-diam sederhana tapi super dalam hal meningkatkan energi emosi kau dikala sedang berguru yaitu SMILE ^_^. Perlu diketahui bahwa kau bahwa kemampuan berguru lebih meningkat dikala kau tersenyum dan menurun dikala kau berkerut! Senyum mengubah tubuh dan emosi dan meningkatkan energi. Kamu pun menjadi lebih alert (lebih bisa fokus, lebih bisa memperhatikan pembelajaran). Otak menjadi lebih terbuka. So, tersenyumlah selalu dikala sedang berguru bahasa Inggris. Senyumlah dengan senyuman lebar sepanjang kelas supaya pembelajaran lebih maksimal. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel